Meskipun baru-baru ini popularitasnya meningkat, manfaat cuka apel telah terkenal selama berabad-abad. Cuka apel atau apple cider vinegar dibuat dari sari apel yang telah mengalami fermentasi untuk membentuk probiotik dan enzim yang mempromosikan kesehatan, sehingga kandungannya hanya ada sedikit gula dan kalori daripada sari apel atau jus apel. Hanya dengan satu sampai dua sendok makan cuka apel, kamu sudah dapat merasakan manfaat kesehatan dari cuka apel dan setiap sendok makan hanya mengandung 3-5 kalori.
1. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Cuka apel tidak hanya mempengaruhi kesehatan internalmu, tapi juga untuk kesehatan kulit seperti dapat mengurangi jerawat. Karena jerawat terbentuk dari bakteri, cuka apel yang memiliki sifat antibakteri terbukti efektif melawan banyak bakteri berbahaya untuk kulitmu.
Cuka apel juga mengandung komponen spesifik seperti asam asetat, asam laktat, asam suksinat dan asam sitrat, yang semuanya telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan Propionibacterium acnes, bakteri yang menyebabkan pertumbuhan jerawat pada wajah.
Komponen bermanfaat ini juga dapat mengurangi bekas luka. Sebuah studi di Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan bahwa cuka apel dapat mengurangi tekstur, pigmentasi dan membuat kulit terlihat lebih cerah.
2. Mengatur Tingkat Gula Darah
Dalam sebuah penelitian, konsumsi cuka ternyata menurunkan kadar gula darah rata-rata dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa pemberian cuka apel kepada tikus yang mengalami diabetes selama empat minggu ternyata secara signifikan mengurangi kadar gula darahnya.
Cuka sari apel juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengangkut gula dari darah ke jaringan dimana ia dapat digunakan sebagai bahan bakar. Kadar insulin yang tinggi dapat menyebabkan resistensi insulin, yang mengurangi keefektifannya dan menyebabkan gula darah tinggi dan diabetes.
Sebuah studi di Diabetes Care menunjukkan bahwa konsumsi cuka membantu meningkatkan sensitivitas insulin secara signifikan hingga 34 persen pada diabetes tipe 2 atau resistensi insulin.
Agar kadar gula darah tetap stabil, cobalah campurkan satu sampai dua sendok makan cuka apel dalam 200 ml air dan konsumsi sebelum makan. Selain itu, pastikan untuk memoderatori asupan karbohidrat, tingkatkan konsumsi makanan serat dan protein, dan lakukan banyak aktivitas fisik reguler untuk menurunkan kadar gula darah lebih banyak lagi.
3. Menurunkan Berat Badan
Ahli kesehatan merekomendasikan konsumsi cuka apel untuk membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Tapi apakah cuka apel itu benar-benar bagus untuk menurunkan berat badan?
Ada banyak penelitian di luar sana yang membuktikan manfaat cuka apel untuk menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, mengkonsumsi hanya dua sendok makan cuka apel selama 12 minggu menghasilkan penurunan berat badan hampir 2 kg campur tangan diet makanan dan gaya hidup lainnya.
Studi menunjukkan bahwa cuka apel juga dapat meningkatkan rasa kenyang, yang dapat membantu mengurangi asupan dan meningkatkan berat badan. Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa minum cuka apel menurunkan asupan kalori sebanyak 275 kalori sepanjang hari.
Namun, hanya karena cuka apel bermanfaat menurunkan berat badan tidak berarti itu harus digunakan sebagai solusi cepat untuk menurunkan berat badan satu-satunya. Untuk benar-benar melihat hasilnya, pastikan untuk mengkonsumsinya dan dikombinasi dengan diet dan gaya hidup sehat.
4. Mengurangi Tekanan Darah
Cuka apel dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian hewan di Jepang menunjukkan bahwa memberi tikus asam asetat, komponen utama dalam cuka, mengakibatkan penurunan tingkat tekanan darah.
Cara alami lainnya untuk menurunkan tekanan darah termasuk meningkatkan asupan magnesium dan potassium, meningkatkan asupan serat dan menghindari asupan garam dan makanan olahan.
5. Meredakan Gejala Asam Lambung
Penyakit refluks gastroesophageal, juga dikenal sebagai asam lambung, adalah suatu kondisi yang ditandai dengan aliran balik asam dari perut ke dalam kerongkongan, menyebabkan gejala seperti mulas, bersendawa dan mual.
Jika kamu mengalami penyakit asam lambung, dengan minum cuka apel dapat membantu menghilangkan gejalanya dengan memasukkan lebih banyak asam ke dalam saluran pencernaan untuk mencegah aliran balik asam.
Untuk hasil terbaik, larutkan satu atau dua sendok makan cuka sari apel dalam 200 ml air dan minum sebelum makan.
6. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol adalah zat mirip lemak yang terbentuk di arteri, menyebabkannya menyempit dan mengeras. Kolesterol darah tinggi membuat ketegangan pada jantung, memaksanya untuk bekerja lebih keras untuk mendorong darah ke seluruh tubuh.
Selain konsumsi satu sendok makan atau dua cuka apel dalam diet makananmu setiap harinya, cara lain untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cepat adalah meminimalkan asupan gula dan karbohidrat.
Meskipun cuka apel sehat dan aman bagi kebanyakan orang, mengkonsumsinya dalam jumlah banyak dapat menyebabkan beberapa efek negatif pada kesehatan. Efek samping cuka sari apel meliputi erosi enamel gigi, tenggorokan atau kulit yang terasa panas, dan penurunan kadar potassium.
Pastikan selalu melarutkan cuka apel di air dan bukan langsung meminumnya agar tidak menimbulkan efek samping negatif. Kamu juga harus mulai dengan dosis rendah untuk bisa mengukur sensitifitas tubuh atau kulitmu.

Postingan populer dari blog ini

Pemanfaatan Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Bagaimana Sejarah Cuka Apel di Dunia